Minggu, 25 Juli 2010

NIKE MEMPERKENALKAN KOSTUM TIM JUVENTUS FC MUSIM 2010-2011

NIKE, Inc. (NYSE:NKE) hari ini memperkenalkan kostum tim Juventus FC yang menampilkan pendekatan rancangan baru yang dimaksudkan untuk meningkatkan performa, tetapi pada saat yang bersamaan, mengurangi dampaknya terhadap lingkungan. Kostum baru ini menonjolkan nilai-nilai tradisi Juventus FC yang unik dengan grafis tradisionalnya, seraya menerapkan rancangan ringan dan menggunakan kain daur-ulang.

Kostum baru ini mencerminkan inovasi desain dan detil terbaik yang dituntut oleh para pemain sepakbola kelas elit. Kombinasi dari sumber bahan yang bisa didaur-ulang, rancangan estetika yang baru dan penghormatan akan sejarah klub Juventus yang kaya, telah menetapkan standar untuk pembuatan kostum klub ini.

Untuk pertama kali dalam sejarah klub ini, kaus baru dibuat seluruhnya dari poliester daur-ulang, di mana tiap kausnya dibuat dari 8 botol air, yang didapatkan dari Tempat Pembuangan Akhir di Jepang dan Taiwan. Botol-botol ini dibersihkan dan diproses menjadi butiran kecil, dilelehkan menjadi benang dan dianyam menjadi bahan kostum. Proses pembuatan baru ini mampu mengurangi penggunaan energi sebesar 30% jika dibandingkan dengan pembuatan poliester secara tradisional.

Dengan proses pembuatan yang baru ini, Nike telah mendaur-ulang sekitar 13 juta botol plastik, dengan total sekitar 254,000 kg limbah poliester, yang mungkin membutuhkan waktu sampai 500 tahun jika diurai secara alami. Tiap botol yang didaur ulang untuk pembuatan kostum ini, jika dijejer panjangnya bisa mencapai 3.000 km atau sepanjang 29 sepakbola.

Kostum baru ini membantu para pemain untuk menjaga suhu tubuh yang optimal serta tetap kering dan sejuk, dengan demikian mereka bisa bermain dengan kemampuan penuh. Kain Nike Dri-FIT yang baru 13% lebih ringan dari sebelumnya, membantu menguapkan kelembaban, dengan cara menyerap keringat keluar ke permukaan, dan juga meningkatkan kemampuan kaus untuk bernafas sebanyak 7% dari versi sebelumnya. Zona ventilasi yang terdapat pada tiap sisi kaus, di bawah karet celana dan dekat pangkal tulang punggung di celana pendeknya, secara signifikan bisa meningkatkan penyerapan udara, sehingga para pemain juga merasa lebih sejuk.

“Kami terus menginovasi rancangan kostum kami bagi klub-klub elit dunia, dan pengenalan kostum baru Juventus FC ini adalah saat yang membanggakan bagi Nike,” kata Phil Dickinson, Direktur Kreatif Nike Global Football. “Tradisi klub yang begitu dalam telah melengkapi dengan sempurna rancangan dan proses pembuatannya yang inovatif”

Potongan kaus yang baru dan dinamis dengan struktur anyaman ganda memberikan penampilan yang lebih ramping pada para pemain. Pada saat yang bersamaan, kaus ini 10% lebih elastis dari kaus Juventus sebelumnya. Potongan kaus mengikuti lekuk tubuh alami untuk keleluasan gerak dan penyerapan udara yang maksimal.

Juventus sudah lama menyandang status kebanggaan sebagai tim nasional tak resmi dari Italia, dielu-elukan pendukungnya di seluruh negeri. Demam sepakbola ini dimulai saat gelombang buruh migran dari Italia Selatan pindah ke Turin pada tahun 1950-60-an, untuk bekerja di pabrik-pabrik mobil dan memulai dukungan mereka terhadap Juventus.

Musim pertandingan ini, Il Bianconeri akan berlag dengan mengenakan kostum tandang dan kandang yang dihiasi warna bendera nasional Il Tricolore, untuk merayakan kedudukan Juventus yang unik di Italia.

Kaus kandang yang baru, sesuai permintaan klub, telah diberi tambahan kerah polo hitam dan juga tepi lengan yang berwarna hitam, agar para pemain tampak lebih gagah dan berani. Garis hitam putih yang menjadi ciri khas mereka, kini diberi tampilan pecah. Ini melambangkan gerigi dan lekukan dari pegunungan yang mengelilingi Turin dan warisan akan semangat muda klub tersebut.

Di belakang kaus, di bawah bagian leher, tertulis ‘Juventus’, sementara terbordir di tiap lengan adalah bendera Italia yang kecil. Di dalam kaus, di balik lambang klub, ada tulisan, ‘Forza Juve’ yang jika diterjemahkan berarti ‘Majulah Juve’, frasa terkenal yang sering diteriakkan penggemar Juve untuk saling menyemangati.

Celana pendek kandang berwarna hitam dengan garis tipis hijau, putih dan merah di tiap sisi untuk melambangkan warna bendera Italia. Sementara di belakang karet celana ada tulisan ‘Juventus’. Kaus kaki kandang berwarna hitam dengan bagian atas berwarna putih, sementara di bagian bawahnya ada garis tipis berwarna hijau, putih dan merah, yang melambangkan bendera Italia. Kata ‘Juventus’ tercetak di tiap betis.

Kaus tandang yang baru berwarna putih dengan kerah polo, membanggakan posisi Juventus sebagai klub Italia dengan memamerkan warna bendera kebangsaan mereka yaitu hijau, putih dan merah. Warna-warna ini ditampilkan dalam bentuk garis bergerigi yang membujur di dada, dari leher sampai hem. Garis yang bergerigi itu memberi tampilan yang berani dan kontemporer, sekaligus melambangkan gerigi dan kontur berani dari pegunungan yang mengelilingi wilayah Turin.

Celana pendek tandang berwarna putih dengan garis tipis triwarna, hijau, putih dan merah di tiap sisi, yang melambangkan warna bendera Italia. Sementara di belakang karet pinggangnya terdapat tulisan ‘Juventus’. Kaus kaki tandang berwarna putih dengan garis tipis merah, putih dan hijau tepat di bawah lipatan atas dan tulisan ‘Juventus’ tercetak di tiap betis.

Pada musim pertandingan ini, klub-klub terkemuka tambahan, termasuk Arsenal, Manchester United dan Inter Milan akan mengenakan kostum paling ramah lingkungan dan canggih secara teknologi dalam sejarah persepakbolaan. Kostum klub Juventus yang baru akan mulai tersedia tanggal 1 Juli 2010 di seluruh toko Nike di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut tentang kostum klub Nike yang baru, kunjungi NikeMedia.com.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar